Minggu, 08 Januari 2012

Tujuan dan fungsi-fungsi management produksi


Tujuan dan fungsi-fungsi management produksi

Dewasa ini orang mengenal barang-barang dan jasa-jasa yang beranekaragam macamnya untuk memenuhi kebutuhan. Barang-barang dan jasa-jasa itu tentu saja di buat atau disebut di produksikan untuk maksud memenuhi kebutuhan manusia.
Produksi barang-barang dan jasa-jasa tersebut perlu menggunakan factor-faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal dan tekhnologi. Transformasi atau perubahan bentuk factor-faktor prosesnya di sebut proses produksi. Dengan itu produksi/ proses produksi memberikan/menciptakan apa yang di kenal dengan kegunaan bentuk (form utility), artinya factor-faktor produksi itu di ubah sedemikian rupa sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia

Pada mulanya dalam memproduksi barang-barang dan jasa-jasa itu manusia belu memikirkan cara-cara yang efisien karena barang-barang dan jasa-jasa tersebut karma barang-barang da jasa-jasa tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Dengan system perekonomian yang terbuaka (pemenuhan kebutuhan orang lain) maka lama kelamaan manusia merasa perlu dengan adanya persaingan untukmemproduksi barang-barang dan jasa secara efisien, mamikirkan bagaimana bagaimana caranya mengelola factor-faktor produksi yang terbatas adanya untuk mendapatkan hasil tertentu yang memuaskan para pembelinya. Pada pokoknya di pergunakanlah prinsip-prinsip ekonomi juga di situ yaitu: dengan menggunakan factor-faktor terbatas (dengan ongkos tertentu)  dengan menggunakan pencapaian hasil maksimal, atau untuk mencapai hasil-hasil tertentu dengan ongkos minim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar